OM TELOLET OM: Apa dan Dari Mana

OM TELOLET OM

Malam kemaren twitter gue lagi asik banget. Hampir semua orang yang muncul di timeline membahas satu topik yang sama. Bukan tentang politik, bukan tentang uang baru dan bukan tentang politik uang. Nggak se-serius itu, tapi ini bisa menjadi jati diri bangsa kita di mata dunia. Halah. 

Kalian pernah denger seruan anak-anak sampe orang dewasa di pinggir jalan yang bawa-bawa kertas atau hape sambil recording video terus teriak: "OM TELOLET OM!!!" gitu nggak? Apalagi buat kalian yang sering banget naik bis atau yang sering banget menghabiskan waktunya di jalanan yang sering dilewati oleh bis-bis yang bertelolet.

Apa Itu Telolet

Menurut sotoynya gue yang didasari oleh beberapa sumber, Telolet adalah sejenis klakson yang berasal dari beberapa tabung yang sudah diatur sedemikian rupa, sehingga menghasilkan suara yang kurang lebih berbunyi seperti namanya, TELOLET! Jenis klakson ini dikenalkan oleh moda transportasi umum yaitu bis. Telolet mulai ramai diperkenalkan oleh bis-bis yang berasal dari jawa timur dan jawa tengah.

Om Telolet Om adalah

Sebuah teriakan permintaan dari orang-orang (biasanya anak-anak) yang berdiri di pinggir jalan kepada sopir bus (sebut saja Om) untuk membunyikan klaksonnya yang berbunyi seperti namanya yaitu telolet.

Entah siapa yang mulai meramaikan demam telolet yang udah mulai kanker ini, sampe-sampe para DJ yang mendunia sekelas Hardwell, DJ Snake, Zedd, Marshmello, Yellow Claw dan banyak musisi serta publik figur mancanegara aja bisa ikut-ikutan meramaikan jokes "OM TELOLET OM" ini. Gue kira cuma photoshop doang, ternyata pas gue cek bener aja mereka teh ngetwit tentang Telolet. Whoop!








Gue dan kayaknya banyak orang lain juga yang udah tau atau udah mulai kenal sama fenomena ini dari sekitar awal tahun 2016. Apalagi buat kalian yang BISMANIA udah dipastikan kenal deket sama fenomena ini. Karena telolet memang berawal dari bis. Walau sekarang juga udah banyak truk yang pake klakson telolet.

Gue jadi inget beberapa bulan lalu, gue pernah satu mobil sama sopir bis pariwisata yang cerita lumayan banyak hal tentang bis, bismania dan telolet. 

Waktu itu gue dalam perjalanan menuju anyer. Ada sebuah bis yang melaju bersamaan dengan mobil yang gue tumpangi. Ketika bis mulai nyalip, di trotoar sebelah kiri banyak anak-anak kecil yang berkerumun sambil membawa gadgetnya masing-masing yang kemudian teriak "OM TELOLET OM" ketika ada bis yang melewati mereka.  Tanpa ada jeda panjang, si sopir bis tadi mengeluarkan bunyi TELOLET di klaksonnya. Kemudian mereka bersorak gembira. Bahagia itu sederhana.

Itu adalah kali pertama gue tau dan melihat dengan mata kepala gue sendiri tentang fenomena telolet ini. Berhubung sopir yang mengendarai mobil yang gue tumpangi adalah seorang sopir bis pariwisata yang udah jelas bis-nya pake klakson telolet ini cerita sedikit tentang BisMania Community. Sebenernya udah nggak asing di telinga gue, karena gue juga punya temen anggota BisMania Community. Dia tau banyak hal tentang dunia bis, mulai dari jenis bis, jenis mesinnya, karoseri dan lain-lain termasuk telolet.

Asal Mula Klakson Telolet

Dari beberapa sumber terpercaya yang gue dapatkan, sebenernya Telolet ini udah ada dari 5-6 tahun yang lalu dan baru mulai rame selama setahun ini. Awal mula klakson telolet itu dari negara di timur tengah, yang fungsi utamanya adalah mengusir binatang-binatang yang ada di tengah jalan seperti unta dll. CMIIW.

Telolet diperkirakan sudah mulai ada sekitar 5 atau 6 tahun yang lalu dan banyak digunakan oleh bis yang ada di daerah jawa timur dan jawa tengah yang udah terkenal mempunya banyak jenis bis yang bagus-bagus dan baru.

Berawal dari rasa penasaran, gue coba cek ke situs jual beli untuk nyari tau berapa harga klakson telolet dan ya, lumayan juga ternyata. Ada yang harganya 3,5 juta bahkan ada juga yang mencapai harga 4 juta lebih. Luar biasa.
Harga Klakson Telolet
Harga Klakson Telolet
Menurut feeling gue sih fenomena telolet yang bisa sampe semeledak ini nggak bakal bertahan lama, akan ada penurunan secara bertahap. Walaupun demikian, para pemburu telolet dan BisMania Community akan masih terus melakukan kegiatan menyenangkannya seperti sebagaimana biasanya sebelum telolet semeledak ini. Bagaimana menurut kalian? Share di komentar ya! Kalo suka, postingan ini bisa juga dibagikan ke akun media sosial kalian. Hatur Nuhun!

OM TELOLET OM!

6 komentar

  1. Wah mahal ning eta a klakson teh :)

    a telolet a .. wkwk

    BalasHapus
  2. wahh sekarang lagi demam telolet ya, disini juga tiap bus lewat pasti anak-anak yang lagi main di pinggir jalan pada teriak-teriak, a ampun.. hhe

    BalasHapus
  3. Awal2 aku jg bingung ama fenomena ini. Untungbya skr udah mereda ya mas :D. Walopun lucu aja sih ngeliat yutub2 luar yg heboh bgt ama telolet :D

    BalasHapus

Hatur nuhun udah baca postingan sampai akhir. Komentarnya jangan spam ya. Happy Blogging! ~\o/