Destinasi Wisata di Manado

Manado adalah ibukota Sulawesi Utara. Kota yang menghadap langsung ke Laut Sulawesi ini merupakan kota yang memiliki banyak daya tarik dan pesona wisata, sehingga cukup diminati oleh wisatawan lokal maupun mancanegara.

Jalan-jalan ke Manado akan menjadi kegiatan traveling yang menyenangkan karena disana kita bisa menjumpai beberapa spot penyelaman terbaik di Indonesia yang menjadi idola para traveler pencinta keindahan taman bawah laut.

Diantara beberapa objek wisata Manado yang paling terkenal dan banyak diminati adalah:
  • Taman Laut Bunaken
  • Pulau Siladen
  • Danau Tondano
  • Arung jeram di Sungai Sawangan
  • Pantai Malalayang
  • Bukit Kasih
  • Obyek Wisata Kota Bunga di Tomohon
  • Pulau Manadotua, serta
  • Gunung Tumpa.

Cara Mengakses Manado

Untuk bisa sampai di Manado, ada banyak maskapai penerbangan yang melayani rute dari berbagai daerah menuju ke bandar udara Internasional Samratulangi. Lokasi bandara berada kurang lebih 14 km di bagian utara Manado. Dari bandara ke pusat kota, bisa diakses dalam waktu kurang lebih 30-45 menit .

Di pusat kota, ada banyak pilihan transportasi yang bisa digunakan oleh wisatawan untuk bepergian ke berbagai tempat atau untuk mengunjungi objek wisata menarik di sana. Di antaranya adalah dengan menggunakan angkot atau angkutan umum, mobil sewaan, dan taxi . 
Manado - remotelands.com
Selain transportasi yang lengkap, di Manado juga ada banyak pilihan hotel yang bisa dimanfaatkan sebagai tempat untuk menginap. Hotel-hotel tersebut selain berada di pusat kota banyak juga yang berada di dekat garis pantai, sehingga memiliki view utamnya terasa sangat indah, langsung mengarah ke laut Sulawesi.

Destinasi Wisata Terkenal di Manado

Taman Laut Bunaken
Seperti yang telah disebutkan di atas, salah satu daya tarik Manado adalah taman laut Bunaken yang terkenal sebagai destinasi favorit para pencinta keindahan bawah laut.
Sejak tahun 2005 lalu, taman laut ini ditetapkan sebagai salah satu situs warisan dunia oleh UNESCO.

Bunaken Island - bwtravellife.com
Taman laut ini menyimpan pesona luar biasa karena memiliki beragam terumbu karang dengan hiasan ikan warna-warni yang cantik dan mempesona.

Di Taman Laut Bunaken, setidaknya ada 39 diving spots (titik penyelaman) yang bisa dijangkau dengan menggunakan speedboat yang membawa Anda dari Kota Manado. Taman laut ini bisa diakses dalam waktu kurang lebih 35 menit perjalanan menggunakan speedboat.

Yang perlu diingat jika ingin berwisata ke Taman Laut Bunaken adalah waktu yang paling tepat untuk berkunjung ke sana. Diantara waktu-waktu terbaik untuk berwisata ke Taman Laut Bunaken adalah antara bulan Mei hingga bulan Agustus.

Pulau Manadotua.
Jika menginginkan objek wisata alam di Manado yang terkenal dan indah, Anda bisa mengunjungi Pulau Manadotua yang jaraknya dari pusat kota kurang lebih 22 Km. Bisa diakses dengan menggunakan kapal. Lama perjalanan kurang lebih 1 jam.

Pulau yang indah ini memiliki pantai yang bersih dengan pasir putih serta air laut yang jernih. Gelombang di pinggir pantai tidak terlalu besar sehingga cocok dijadikan sebagai tempat berenang dan bermain.

Manadotua - diveindonesia.net
Yang menjadikan tempat ini mulai banyak diminati oleh Wisatawan adalah karena tahun 2009 lalu, Pulau Manadotua dijadikan sebagai tempat melaksanakan World Ocean conference.

Taman Laut Tumbak
Manado menyimpan begitu banyak potensi wisata bawah laut yang mengagumkan. Selain Taman Laut Bunaken, Taman Laut Tumbak adalah pilihan lain yang bisa dijadikan sebagai tujuan untuk menyalurkan hobi menyelam atau senorkeling.

Taman Laut Tumbak - travelmanado.com
Taman Laut Tumbak memiliki pemandangan dibawah laut yang tidak kalah menarik dibandingkan dengan Taman Laut Bunaken. Hanya saja, taman laut ini lokasinya sedikit lebih jauh dibandingkan dengan Taman Laut Bunaken.

Untuk bisa sampai di Taman Laut Tumbak, wisatawan bisa mengaksesnya dengan menggunakan transportasi darat, dengan lama perjalanan kurang lebih 3 jam.

Di taman laut ini terdapat kurang lebih 20 diving dan snorkelling spots. Beberapa nama titik penyelaman yang terkenal dan memiliki banyak peminat adalah diving spot Napo kipas, Bohaga Kecil, Bohaga Mangrove, Taman Karang, dan Pintu Samudra.

Objek Wisata Kota Bunga di Tomohon
Jika ingin berwisata tidak jauh dari kota Manado, jangan lewatkan berkunjung ke obyek wisata Kota Bunga Tomohon yang jaraknya dari pusat kota sekitar 22 Km.

Festival Bunga Tomohon - mediaindonesia.com
Tempat wisata ini mengingatkan kita pada taman bunga yang ada di Bandung. Objek wisata Taman Bunga Tomohon ini dipenuhi berbagai ragam dan spesies bunga yang indah dan cantik.
Waktu paling tepat berkunjung ke Tomohon untuk menikmati festival bunga adalah antara bulan Juni hingga bulan Agustus.

Pusat wisata kuliner di Manado
Jika ingin menikmati berbagai masakan khas manado atau jajanan khas kota ini yang nikmat dan lezat, jangan lewatkan berkunjung ke kawasan Boulevard yang lokasinya ada di Jalan Piere Tendean.

Boulevard Manado - indonesia-tourism.com
Di sini, setiap sore warga masyarakat sekitar tumpah ruah membanjiri tempat ini untuk menikmati berbagai kuliner sambil menikmati sunset. Ya, tempat ini sering dijadikan sebagai tempat bersantai sambil menikmati aneka jajanan khas Sulawesi karena lokasinya yang berada di garis pantai.

Itulah beberapa destinasi wisata terkenal di Manado yang bisa Anda pilih sesuai dengan minat dan budget. Beberapa rekomendasi tempat wisata lainnya yang mungkin tidak ingin Anda lewatkan diantaranya adalah: jalan-jalan ke Kampung China, Jembatan Soekarno, wisata Air Terjun Ratahan Telu, dan Taman Wisata Tandurusa.

3 komentar

  1. Kok keren, ya? Belum juga kesampean ke pulau dewata, eh sekarang nambah lagi, jadi kepingen ke Manado :(

    BalasHapus
  2. Keren-keren destinasi wisatanya
    Bikin mupeng.

    BalasHapus
  3. Taman Laut Tumbaknya keren yah. Belum sempat kala itu ke sini. Malah explore Bitung yang juga gak kalah yah.

    BalasHapus

Hatur nuhun udah baca postingan sampai akhir. Komentarnya jangan spam ya. Happy Blogging! ~\o/